NEWS

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

By Sintya Frank

Semenjak Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menyebutkan bahwa Covid-19 merupakan kasus pandemi global yang harus diwaspadai oleh seluruh lapisan masyarakat dunia, nampaknya kita tidak boleh lengah dan menganggapnya sepele. 

Kini dengan jumlah kasus positif yang telah mencapai lebih dari 1,5 juta jiwa di selurh dunia, meningkatkan daya tahan tubuh menjadi begitu penting untuk dilakukan. Berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh:

1. Konsumsi Vitamin dan Mineral Secukupnya

Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral memang mampu meningkatkan imunitas tubuh, namun apabila dalam batas wajar.

Seiring meningkatnya jumlah kasus, masyarakat mulai meminum dan memakan semua produk yang mengandung vitamin C sebanyak-banyaknya untuk menangkal virus. Padahal vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga tubuh hanya mengambil jumlah yang diperlukan dan mengeluarkan kelebihannya.

Mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi tidak membuat tubuh mampu melawan virus dengan lebih baik, melainkan dapat menganggu pencernaan hingga menyebabkan diare. 
 

2. Cari Pengganti Vitamin D Lewat Suplemen dan Makanan

Foto:jamiegrill

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk menjaga sistem imun dan mengurangi risiko infeksi. Biasanya kita memperoleh vitamin D dari cahaya matahari. Namun dengan diberlakukannya social distancing, yang membuat kita untuk melakukan segala aktivitas di rumah, tentunya jumlah pasokannya pun otomatis berkurang.

Untuk menghindari kekurangan vitamin D dari cahaya matahari ini, kita dapat mengonsumsi suplemen vitamin D dan bahan makanan seperti salmon, kuning telur, jus jeruk, dan sereal gandum.
 

3. Olahraga Teratur

Foto: Gettyimages

Tidak hanya mampu membantu mengurangi stres, olahraga teratur juga penting untuk sistem imunitas tubuh. Menurut penelitian, melakukan latihan atau olahraga dengan rutin dapat berfungsi sebagai anti-inflammatory alami bagi tubuh sehingga penting untuk dilakukan.

Dengan melakukan olahraga ringan selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu, kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih dari yang dibayangkan. 
 

4. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan waktu yang tepat unutuk mengistirahatkan tubuh. Kurang tidur sama saja seperti tidak memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menjaga dirinya sendiri.

Namun bukan berarti kamu harus tidur seharian, lho! Faktanya, oversleeping justru dapat mengurangi imunitas tubuh. Yang terbaik adalah beristirahat selama delapan jam sehari dan hindari tidur larut. 
 

5. Aplikasikan Handcream-mu

Foto: Gettyimages

Yang terakhir to-keep-in-mind adalah pastikan kamu menggunakan krim tanganmu. Banyaknya mencuci tangan untuk mencegah penularan virus corona dapat melemahkan skin barrier pada tangan dan membuatnya lebih rentan akan bakteri dan kuman, sehingga penting untuk memastikan kondisi kulit tetap terjaga.

Salah satu langkah menjaganya adalah dengan mengaplikasikan hand cream setelah mencuci tangan.

INFORMATION

About Us

OUR PARTNERS