NEWS

Saat Desain Menceritakan Perjalanan Perempuan

By Beauty Party
Dalam pelaksanaannya, JFW 2023 yang berlangsung pada 24-30 Oktober 2022 terus mengemukakan berbagai narasi perubahan, kebaruan, bahkan perlawanan—sesuai temanya, yakni Fashion Reformation. Perspektif tersebut tercermin dari setiap show yang dikemas, salah satunya adalah Women’s Journey, persembahan Pond’s Age Miracle yang digelar pada 26 Oktober 2022 di City Hall, Pondok Indah Mall 3.

Women’s Journey menampilkan para desainer perempuan yang memberikan hasil tangan terbaiknya pada perempuan lain. Mereka adalah Andandia Putri, desainer IKYK, Yessi Kusumo, yang berada di balik Shop at Velvet, dan Michelle Tjokrosaputro, perancang Bateeq.

Show ini merayakan perjalanan perempuan, pencapaian, serta kontribusinya bagi lingkungan sekitarnya dalam perjalanan usianya. Tiga label ready-to-wear ini menampilkan garis serta siluet sesuai dengan karakternya masing-masing.

IKYK seperti biasa hadir dengan siluet yang oversize. Berkolaborasi dengan HGL, tampilan polos khas IKYK menjadi lebih 'berbunga-bunga' melalui teknik printing. Kali ini, palet warna IKYK menjadi lebih terang.

Jenama yang sudah melebarkan sayapnya ke Korea, Jepang, dan Australia ini menggunakan berbagai material seperti organza, parasut, rajutan, katun drill, maupun cradenza dalam koleksi di JFW 2023. Dalam tampilannya, mereka juga memadupadankan pleated skirt silver dengan print, outer organza, dan one set home dress.


Koleksi IKYK di JFW 2023
(Foto: Koleksi IKYK di JFW 2023)

Sementara itu, dalam tema “Temperance”, Shop at Velvet hadir berani dengan permainan material dan tekstur. Mash fabric berwarna terang seperti merah muda membuat penampilan menjadi stand out. Mereka bahkan juga menghadirkan leather skirt berwarna coklat. Potongan panjang banyak digunakan oleh Shop at Velvet seperti long outer dan long blazer.


Koleksi Shop at Velvet di JFW 2023(Foto: Koleksi Shop at Velvet di JFW 2023)

Bateeq konsisten mengeluarkan motif yang lebih modern sehingga pas digunakan di berbagai acara kasual hingga formal. Koleksi yang mereka bawa didominasi warna biru, merah, serta army. Teknik drape menghasilkan volume yang menawan. Yang menarik, mereka juga mengeluarkan suit yang bermaterial batik.

Koleksi Bateeq di JFW 2023(Foto: Koleksi Bateeq di JFW 2023)

Koleksi-koleksi ini merangkul perbedaan karakter setiap perempuan dan mendorong mereka untuk tampil percaya diri dengan karakter tersebut.
 
Disadur dari: Jakarta Fashion Week

INFORMATION

About Us

OUR PARTNERS