NEWS

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Selama Menjalani Ibadah Puasa dengan Cara Ini

By Sintya Frank

Ramadan merupakan waktu yang tepat bagi setiap umat muslim untuk membersihkan diri, menyucikan hati, dan juga menahan emosi. Perubahan pola makan, minum dan waktu tidur saat menjalankan ibadah puasa, ternyata berpengaruh pula bagi tubuh kita.

Agar kondisi tubuh kamu tetap sehat selama menjalani ibadah puasa, berikut terdapat tips yang dapat dilakukan di rumah. Yuk, simak!

Rutin Berolahraga

Foto: Webphotographeer / Getty Images

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk memulai rutinitas workout yang mungkin pernah tertinggal atau terlupakan.

Bila ingin menurunkan berat badan, kita dapat melakukan olahraga ringan sebelum waktunya berbuka puasa. Sementara itu, berolahraga setelah berbuka dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Water! Water! Water!

Foto: d3sign / Getty Images

Hal penting lainnya yang harus selalu dingat adalah untuk meminum paling tidak delapan hingga 12 gelas air setiap harinya. Mengonsumsi banyak cairan pada waktu berbuka hingga sahur dapat membantu menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

Kita juga dapat mengoptimalkan jumlah air yang diserap tubuh dengan mengonsumsi buah dan menyelipkan sup pada menu berbuka ataupun sahur.

Mengonsumi Kurma



Foto: SOPA Images / Getty Images

Bukan tanpa alasan kurma menjadi salah satu makanan yang paling populer di bulan Suci Ramadan. Kurma merupakan salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh.

Memulai berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma dapat membantu produksi enzim yang berguna bagi pencernaan dan mempersiapkan organ tubuh sebelum menerima makanan lainnya yang lebih berat. 
 

Makan Perlahan


Foto: vgajic / Getty Images

Setelah seharian berpuasa, mengisi perut hingga penuh memang terasa begitu menggoda. Namun, bukan berarti harus memakan seluruh makanan yang tersaji di atas meja.

Kita harus selalu mengingat untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat seperlunya saja. Makanan seperti sup dan salad dapat menjadi pilihan untuk memulai buka puasa setelah kurma.

Selanjutnya, dapat diikuti oleh sayuran hijau sehingga pencernaan dapat tetap terjaga dan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Ingat untuk makan dengan perlahan sehingga tubuh mempunyai waktu untuk mencernanya dengan baik.

 

INFORMATION

About Us

OUR PARTNERS