SKINCARE

Rekomendasi Masker untuk Mengecilkan Pori

By ITA Baradja

Bagi sebagian perempuan, pori-pori yang terlihat membesar adalah sebuah masalah besar. Biasanya kondisi ini dialami oleh wajah berminyak, karena produksi sebum yang berlebihan.

Lambatnya pergantian sel kulit dan proses membersihkan wajah yang kurang sempurna juga bisa menyebabkan pori terlihat membesar. Karenanya wajah cenderung tampak kurang cerah, rentan muncul jerawat, kusam, juga kehilangan rona segarnya.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan rutin membersihkan wajah secara seksama, untuk menghilangkan sumbatan pada pori, dengan menggunakan masker. Dengan pori-pori yang lebih bersih dan bebas sumbatan, wajah akan terlihat lebih cerah dan bebas jerawat.

Simak beberapa rekomendasi masker wajah yang membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori berikut ini!

1. Masker putih telur dan lemon

Campuran putih telur dan perasan lemon cukup lazim direkomendasikan untuk mengatasi pori-pori yang terlihat membesar. Campurkan putih telur dengan air perasan lemon, lalu aduk hingga mengental. Aplikasikan campuran ini ke seluruh wajah, lalu biarkan hingga mengering. Angkat masker dengan menggunakan air hangat.

2. Masker pisang dan oatmeal

Masker ini cocok untuk perawatan deep-cleaning, juga untuk mengencangkan kulit. Campurkan buah pisang, setengah buah apel, satu sendok teh air perasan lemon, dan empat sendok teh madu. Tuangkan campuran ini ke dalam mangkuk, lalu tambahkan oatmeal yang sudah dimasak.
 
Rendam handuk atau waslap dalam air panas, lalu peras hingga setengah kering. Gunakan handuk ini untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan masker. Uap panasnya membantu membuka pori-pori dan memaksimalkan penyerapan masker pada kulit.
 
Setelah wajah dikeringkan, gunakan campuran pisang dan oatmeal sebagai masker, lalu biarkan hingga setengah kering, lalu lakukan scrubbing dengan memijat wajah secara lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah 30 menit, bersihkan wajah.
 

3. Masker beras dan yogurt

Dengan menggunakan blender, haluskan beras hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan yogurt hingga rata. Gunakan campuran ini sebagai masker. Jangan lupa lakukan massage, terutama pada T-zone. Setelah masker mengering, bersihkan dengan menggunakan air hangat hingga wajah benar-benar bersih.

Lanjutkan perawatan dengan menggunakan toner, essence atau serum, dan pelembap wajah untuk hasil yang lebih memuaskan. Selamat mencoba!

INFORMATION

About Us

OUR PARTNERS